INFORMASI :

Selamat Datang di website Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

MUSDES PEMBAHASAN RENCANA KERJA PEMERINTAH (RKP) DESA KARANGDUWUR KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN ANGGARAN 2024

MUSDES PEMBAHASAN RENCANA KERJA PEMERINTAH (RKP) DESA KARANGDUWUR KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN ANGGARAN 2024

MUSDES PEMBAHASAN RENCANA KERJA PEMERINTAH (RKP)

DESA KARANGDUWUR KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN

TAHUN ANGGARAN 2024

Membangun Bersama Menuju KemajuanPada hari Rabu, 23 Agustus 2023, Desa Karangduwur menjadi saksi dari acara penting dalam rangka persiapan pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa untuk Tahun Anggaran 2024. Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Karangduwur dan melibatkan berbagai pihak yang berperan dalam pembangunan desa, termasuk Forkompicam Ayah, perwakilan lembaga desa, serta ketua RT dan RW se-Desa Karangduwur.

 

Dalam musyawarah tersebut, para peserta membahas berbagai aspek yang terkait dengan pembangunan dan kemajuan Desa Karangduwur. Partisipasi aktif dari berbagai stakeholder ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang holistik, serta memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sejalan dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Desa Karangduwur.

 

Salah satu poin utama dalam pembahasan RKP Desa Karangduwur Tahun Anggaran 2024 adalah asumsi sumber pendapatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dalam anggaran tersebut, sumber pendapatan diestimasikan berasal dari dua sumber utama, yaitu Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Transfer. PAD direncanakan mencapai Rp. 1.159.000.000, sedangkan jumlah transfer yang diharapkan sebesar Rp. 1.707.999.000.

 

Pendapatan Asli Desa (PAD) merupakan pendapatan yang dihasilkan oleh Desa Karangduwur dari berbagai sumber di dalam wilayah Desa Karangduwur. Ini mencakup berbagai macam aset dan sumber daya desa yang dapat memberikan kontribusi finansial, seperti pendapatan Desa Karangduwur dari hasil pengelolaan Objek Wisata Pantai Menganti sebagai sumber pendapatan terbesar, Bumdesa Desa, Hasil Sarang Burung Walet, Retribusi TPI/ KUD, dan lain sebagainya. Sementara itu, Transfer adalah dana yang diberikan oleh pemerintah pusat atau provinsi kepada Pemerintah  Desa Karangduwur untuk mendukung berbagai program dan proyek pembangunan.

 

Partisipasi Forkompicam Ayah, perwakilan lembaga desa, serta ketua RT dan RW dalam musyawarah tersebut sangat penting, karena melalui diskusi dan konsultasi yang berkelanjutan, dapat tercipta kesepakatan mengenai prioritas-prioritas pembangunan Desa Karangduwur yang akan dijalankan  pada tahun 2024 dalam Prioritas DD diantara lainnya BLT, Ketahanan Pangan , Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Bahaya TBC, Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Penanggulangan Bencana Non Alam, Penyertaan Model Bumdes dan Pencegahan dan Penanganan.  Stunting Hal ini akan membantu mewujudkan visi bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Karangduwur.

 

Dalam menjalankan RKP Desa Karangduwur Tahun Anggaran 2024, kerjasama antara pemerintah desa, masyarakat, dan berbagai pihak terkait menjadi kunci keberhasilan. Langkah-langkah yang diambil perlu didasarkan pada analisis yang cermat dan strategi yang matang, agar penggunaan anggaran yang ada dapat memberikan dampak positif yang optimal bagi perkembangan dan kesejahteraan Desa Karangduwur.

 

Penting untuk selalu mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam setiap tahap perencanaan dan pelaksanaan. Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi, Desa Karangduwur dapat terus maju dan menjadi contoh inspiratif dalam pembangunan lokal yang berkelanjutan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Arsip Laporan

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3