INFORMASI :

Selamat Datang di website Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Layanan ADMINDUK Datang ke Desa Karangduwur

Layanan ADMINDUK Datang ke Desa Karangduwur

Karangduwur- Pada pelayanan publik terus diperbarui untuk memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya. ADMINDUK memiliki peran yang strategis dalam aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan suatu pelayanan publik yang efektif dan bebas dari pungutan biaya apapun atau gratis.

ADMINDUK!? Apa sih ADMINDUK itu?

Admininstrasi kependudukan atau yang biasa disingkat ADMINDUK merupakan serangkaian kegiatan penataan sekaligus penertiban dalam penerbitan dokumen dan data-data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk beserta pendayagagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintah dan pembagunan sektor lain. Manfaat kegiatan tersebut memungkinkan pemerintah menyediakan pelayanan publik yang efektif bagi masyarakat. Seperti yang telah terjadi di Desa Karangduwur.

Pemerintah Desa Karangduwur telah melakukan pelayanan ADMINDUK selama tiga hari berturut-turut yaitu sejak hari Selasa-Kamis, 5 – 7 Februari 2024 yang bertempat di ruang Pelayanan dan Aula Desa Karangduwur. Kegitanan pelayanan ADMINDUK tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Terpantau masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Banyak dari masyarakat yang mengurus dokumen untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian. Kegiatan ini bebas dari pungutan biaya atau gratis sehingga masyarakat hanya perlu datang ke Balai Desa Karangduwur untuk mengurusnya. Selain itu, pelayanan ini juga menyediakan layanan Door to Door yaitu dengan datang langsung ke rumah warga. Pelayanan tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang berhalangan hadir karena keterbatasan fisik seperti sudah sepuh (tua) atau sakit dan tidak memungkinkan untuk datang langsung ke Balai Desa.

Layanan ADMINDUK di Desa Karangduwur tidak lepas dari peran Kepala Desa Karangduwur yaitu Bapak Sutono. Terselengaranya layanan ADMINDUK ini merupakan inisiatif dari Bapak Sutono yang mengundang dari pihak DISDUKCAPIL Kebumen untuk memberikan pelayanannya kepada masyarakat Desa Karangduwur. Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut juga terlaksanakannya program dari pak Kades di tahun 2024 ini yaitu “Warga Desa Karangduwur Tertib Administrasi”. Selain itu, masyarakat juga berharap agar kegiatan layanan ADMINDUK dapat diselenggarakan kembali nantinya di Desa Karangduwur.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3