INFORMASI :

Selamat Datang di website Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Syabanan, Tradisi Tahunan Desa Karangduwur

Syabanan, Tradisi Tahunan Desa Karangduwur

Syaban adalah bulan ke-8 dalam kalender Hijriyah yang merupakan bulan antara dua bulan mulia, yakni bulan Rajab dan Ramadhan. Menariknya ada suatu tradisi tahunan yang jatuh pada bulan ini, yaitu tradisi tahunan Syabanan. Desa Karangduwur menjadi salah satu desa yang melaksanakan tradisi tersebut.

Desa Karangduwur melaksanakan acara Syabanan pada hari Senin tanggal 26 Februari 2024 di Aula Balai Desa Karangduwur. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Perangkat Desa Karangduwur. Diawali dengan proses penyembelihan kambing yang dilakukan oleh Pak Kyai Rukyat. Beliau merupakan salah satu Tokoh Agama di Desa Karangduwur. Setelah itu, kambing yang telah disembelih tersebut dibersihkan dan kemudian dimasak di Balai Desa. Persiapan tidak hanya dilakukan di Balai Desa saja, ada juga persiapan yang dilakukan dikediaman Kepala Desa Bapak Sutono. Persiapan tersebut diantaranya yaitu membuat sesaji dan makanan untuk disajikan pada acara siang nanti di Aula Balai Desa Karanduwur.

Semua persiapan yang dilakukan selesai dan kemudian dilanjutkan dengan dimulainya acara Syabanan pada pukul 13.00 WIB. Acara di pandu oleh Bapak Laman, beliau merupakan salah satu Perangkat Desa Karangduwur. Salah satu susunan acaranya adalah sambutan dari Kepala Desa Karangduwur yang diwakilkan oleh Bapak Nuryanto selaku Sekretaris Desa Karangduwur. Acara ini dihadiri oleh Masyarakat, Ketua RT/RW, Tokoh Agama maupun Adat, dan tidak lupa para Ketua Lembaga yang ada di Desa Karangduwur. Acarapun berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan doa bersama kemudian disambung dengan kenduri menyantap makanan yang telah disiapkan sebelumya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3